Brigadir Heru Mujahidin, SH beserta ketua Rt. 2 dan Rt. 4 setempat melaksanakan kegiatan sambang ke lahan hutan lindung jalan lingkar utara Kelurahan Landasan Ulin Barat.

Polres Banjarbaru – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran hutan sebagai akibat dari musim kemarau dan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab, Pada hari Minggu tanggal 29 oktober 2017 pukul 80.30 wita Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Barat jajaran polres banjarbaru Brigadir Heru Mujahidin, SH beserta bapak Senen dan bapak Agus selaku ketua Rt. 2 dan Rt. 4 setempat melaksanakan kegiatan sambang ke lahan hutan lindung jalan lingkar utara Kelurahan Landasan Ulin Barat.

Pada kesempatan sambang Bhabinkamtibmas berdialog dan menyampaikan pesan kamtibmas menghimbau warga setempat agar membantu Bhabinkamtibmas menjaga kawasan hutan lindung terhindar dari kebakaran hutan akibat musim kemarau dan akibat ulah dari seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Hutan lindung tersebut luasnya diperkirakan sekitar 10 ha yang berbatasan langsung dengan kebun milik warga dan jalan tol lingkar utara perlu mendapat pengawasan dari warga disekitarnya terutama terhadap warga yang membuang puntung rokok sembarangan dan membuka lahan baru dengan cara membakar padang rumput dikawasan hutan lindung.

Kehadiran bhabinkamtibmas dalam memberikan himbauan kamtibmas mendapat respon yang baik dari masyarakat dan akan ikut mensosialisasikan kepada warga lain untuk ikut menjaga kawasan hutan lindung terhindar dari kebakaran
Bhabinkamtibmas Brigadir Heru Mujahidin, SH ketika dikonfirmasi masalah kegiatan bhabinkamtibmas ini mengatakan bahwa “Bhabinkamtibmas selalu berdialog dengan warga dalam rangka menjaga kawasan hutan lindung terhindar dari kebakaran hutan selain itu hutan lindung perlu dilestarikan dan dijaga keamanannya”, ujar Brigadir Heru Mujahidin,SH selaku petugas Bhabinkamtibmas Landasan ulin barat.

Hutan lindung merupakan penyedia air dan penahan longsor saat musim hujan. Kita semua harus menjaga fungsi hutan tersebut. Karena kita akan memasuki musim hujan.
Ia pun mengajak warga setempat untuk menjaga kamtibmas mulai dari kampung.

“Keamanan lingkungan akan tercipta dengan baik, serta terpeliharanya komunikasi dengan warga,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga di sampaikan pesan-pesan kamtibmas tentang keamanan hutan lindung yang harus dijaga kelestariannya maupun dari pemburu satwa liar yang berpengaruh pada rusaknya ekosistem yang ada dihutan lindung.

“Dalam hal ini belum terlalu banyak masyarakat yang tau tentang Larangan Karhutla,maka Dari itu Bhabinkamtubmas harus bekerja Extra Untuk dapat menghimbau warganya sehingga dapat di ajak bekerja sama untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar”.Ucap Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol.H.Syaiful Bob S,Ap.

Tinggalkan Balasan