Ini Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Loktabat Selatan Minimalisir Kahutla

foto : humas_resbjb

Banjarbaru – Membuka lahan dengan cara membakar merupakan metode praktis yang biasa digunakan oleh masyarakat yang mengelola lahan secara tradisional untuk menanam tanaman kebutuhan pokok dan sudah dilaksanakan secara turun temurun, selain prosesnya cepat dan juga murah, namun proses ini menyisakan segudang masalah, yaitu gangguan kesehatan yang disebabkan dari asap yang dihasilkan.

Hal tersebut menjadi perhatian serius oleh bhabinkamtibmas Loktabat Selatan Aipda Fazriansyah dalam hal mencegah terjadinya karhutla. Seperti yang di lakukannya, Selasa (25/09) memberikan himbauan sambil membentangkan spanduk kepada bapak Hermanto yang merupakan warga binaannya tentang larangan membuka hutan dan lahan dengan cara membakar serta menyampaikan surat maklumat kapolda tentang sangsi pelaku karhutla.

Selain itu, Aipda Fazriansyah juga mengingatkan tentang bahaya yang akan timbul karena kebakaran lahan serta ancaman hukuman yang di kenakan bagi pembakar lahan, serta meminta kepada seluruh warga untuk saling mengingatkan dengan yang lainnya, agar selalu menjaga kelestarian lingkungan.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, S.I.K.,M.H., melalui Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol Purbo Rahardjo menyampaikan musim kemarau yang terjadi saat ini, telah mengakibatkan munculnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi baik disengaja maupun tidak di wilayah kota banjarbaru. “Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, saya memerintahakan kepada Bhabinkamtibmas di masing-masing kelurahan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan”, ucapnya.

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengerti tentang dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan serta masyarakat dihimbau agar pada saat akan membuka lahan tidak dengan cara dibakar”, kata Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol Purbo Rahardjo. (fh3189)

Tinggalkan Balasan