KAPOLRES BANJARBARU LAKUKAN PENGECEKAN KESIAPAN ALAT KESIAPAN KARHUTLA DAN SIMULASI PENANGANAN BANJIR

Di Wisata Banjarbaru Danau Seran yang Lokasinya yang luas, air yang jernih dengan kedalaman yang ideal sangat pas sebagai tempat dilakukannya beragam teknis dan menu aksi latihan penyelematan bencana banjir.
 
Sat Sabhara Polres Banjarbaru melaksanakan Kegiatan Simulasi SAR Polres Banjarbaru yang dipimpin langsung kapolres banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso S.I.K., M.H Sekaligus Pengecekan Kesiapsiagaan anggota dan kondisi alat dalam menghadapi curah hujan cukup tinggi di wilayah Banjarbaru yang berpotensi terjadinya bencana alam. (29/05/2020)
 
adapun beberapa simulasi dasar yang dilakukan yaitu Teknik cara menaiki perahu kano, teknik cara menolong korban yang tenggelam menggunakan perahu kano, serta teknik bagaimana melakukan penyelamatan korban tenggelam di air.
 
 
 
Tidak hanya simulasi penangan banjir, kapolres banjarbaru juga cek alat untuk penanganan karhutla yang sebentar lagi memasuki musim kemarau, untuk itu alat seperti mesin alkon di cek betul fungsinya. Karena kebakaran hutan dan lahan memiliki dampak negatif yang cukup besar, seperti berkurangnya nilai ekonomi hutan dan produktivitas tanah, serta menurunkan keanekaragaman hayati dan ekosistem. Selain itu asap yang ditimbulkan juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, transportasi, sektor pendidikan hingga dapat melumpuhkan roda perekonomian.
 
Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso juga menyampaikan “harus kita persiapkan dari sekarang apa saja yang perlu kita lakukan nanti untuk mengantisipasi karhutla, salah satunya kita cek alat-alat untuk memadamkan api ini dan juga Sengaja kita Simulasikan Kegiatan SAR ini agar anggota paham bagaimana perannya dalam penanganan korban bencana. Selain cara bertindak, mereka juga harus paham alat-alat yang akan digunakan ” kata Kapolres Banjarbaru.
 

Tinggalkan Balasan