Kapolres Banjarbaru Langsung Terjun Ke Lokasi Karhutla

Dengan memanggul selang Kapolres melakukan pemadaman lahan yang mendekati perumahan warga dan sekolah.
Dengan memanggul selang Kapolres Banjarbaru melakukan pemadaman lahan yang mendekati perumahan warga dan sekolah.

BANJARBARU – Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, langsung terjun kelapagan kebakaran hutan dan lahan di jalan Lingkar utara tegal arum kelurahan Syamsudin Noor kecamatan Landasan Ulin kota Banjarbaru. Jum’at (13/09/19).

Setelah mengetahui ada kebakaran hutan dan lahan yang mendekati perumahan warga dan Sekolah SMPN 15 Banjarbaru, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya  terjun langsung kelapangan bersama-sama Piket pos karhutla di tegal arum. Dalam menangani karhutla dibantu juga dari berbagai intansi seperti BPBD  kota Banjarbaru, BNPB propinsi, bpk landu dan TNI/Polri.

Meskipun saat membantu memadamkan karhutla hanya menggunakan pakaian dinas olahraga, ditambah asap yang cukup tebal, namun tidak menyurutkan atau mengurangi semangat untuk melawan api yang berkobar dilahan itu dengan peralatan yang ada.

Kapolres Banjarbaru memberikan himbawan karhutla melalui wartwan yang hadir di tkp kebakaran
Kapolres Banjarbaru memberikan himbawan karhutla melalui wartwan yang hadir di tkp kebakaran

Kepada wartawan yang saat itu hadir dilapangan, Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, S.IK, menerangkan ” bahwa kebakaran yang terjadi merupakan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar yang kering sehingga api sangat cepat menjalar. Apalagi sudah mendekati perumahan dan sekolah SMPN 15 Banjarbaru maka kita langsung secepatnya untuk dipadamkan dan dilakukan pembasahan disekitar lingkungan rumah  dan sekolah. Dengan peralatan mesin alkon, mobil pemadam kebakaran serta dibantu dengan helicopter water bombing”. Terang Kapolres Banjarbaru.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar jangan membuka lahan dengan cara membakar karena disaat musim kemarau saat ini hadir di tkp kebakaranberbahaya bagi masyarakat luas seperti asap yang menganggu jarak pandang pesawat terbang, pengguna sepeda motor dan mobil bahkan mengganggu kesehatan masyarakat. Dan apabila masyarakat melihat atau mengetahui pelaku pembakaran segera laporkan kepada polisi terdekat karena pelaku pembakaran bisa dipidanakan.” Tambah Kapolres Banjarbaru.

Adapun personil yang terjun kelokasi terseubut diatnatranyaa Satgas Karhutla Polda Kalsel, Satgas karhutla Polres Banjarbaru, Polsek Banjarbaru Barat, TNI, BNPB provinsi Kalsel, BPBD Kota Banjarbaru, Damkar Pemko Banjarbaru dan gabungan BPK kota Banjarbaru. (KG-14BBB)

Tinggalkan Balasan