Ikhlas, Benar dan Berkualitas

-->
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

foto : humas_resbjb

BANJARBARU — Lima pelaku pencurian spesialis rumah kosong di wilayah kota banjarbaru harus mendekam di balik jeruji usai mereka diringkus jajaran Sat Reskrim Polres Banjarbaru pada Kamis (1/3).

Dari informasi kepolisian, komplotan pencuri ini sudah melakukan 13 kali aksinya menggasak barang di rumah kosong. Adapun tersangka di komplotan ini terdiri dari; Noor Romadhani alias Dhani (32) warga Gresik Jawa Timur. Fariz Santuso alias Pesek (21), Noor Sodikin (26), Arbain  (32) dan Hamdani (29) warga Banjarbaru.

Saat ini, kelimanya sudah mendekam di ruang tahanan Mapolres Banjarbaru untuk dilakukan pengembangan dan proses hukum selanjutnya.

Sebelum diringkus hingga hotel prodeo Mapolres. Komplotan ini diciduk tim buser Polres Banjarbaru yang dipimpin oleh Panit I Reskrim Polsek Banjarbaru kota Ipda Alhamidie di tempat berbeda.

Bahkan tiga di antaranya diburu tim kepolisian hingga ke Binuang, Kabupaten Tapin.

“Benar. Tiga tersangka kita tangkap di Binuang. Saat itu pelaku hendak menjual kendaraan hasil curian dan bertransaksi di sana,” kata Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya melalui Kasat Reskrim, AKP Aryansyah.

Usai menangkap di Binuang. Nyanyian ketiga tersangka saat diinterogasi mengarahkan polisi menuju persembunyian tersangka lainnya. Kali ini polisi meringkusnya di sekitaran Kota Banjarbaru.

“Kita langsung buru pelaku lainnya di Perumahan Lambung Mangkurat usai dari Binuang. Di sini kita amankan dua tersangka beserta barang bukti, termasuk satu unit mobil yang digunakan untuk beraksi,” bebernya.

Aparat penegak hukum ini juga terpaksa harus mengeluarkan tembakan untuk melumpuhkan dua tersangka. Yakni tersangka atas nama Dhani dan Pesek. Keduanya masing-masing dihadiahi timah panas di kakinya.

Dilanjutkan Aryansyah, kalau modus yang digunakan komplotan ini khusus menjarah barang di rumah kosong. Yang mana sebelum beraksi, target rumah kosong dipantau terlebih dahulu.

“Kelima tersangka ini juga residivis. Masih sama, dalam perkara tindak pidana pencurian, bahkan ada yang terjerat kasus pembunuhan,” tegasnya 

Lantas bagaimana asal muasal aksi kelimanya terendus? Aryansyah menceritakan itu berawal dari aksi terakhir mereka di sebuah rumah kosong beralamat Jalan Pangeran Suriansyah Ujung Mentaos, Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru, pada Rabu (27/2) dini hari.

Di lokasi tersebut, komplotan ini berhasil membobol rumah yang ditinggalkan pemiliknya ke rumah sakit.

“Mereka sukses menggasak 2 unit motor , satu unit TV, satu unit DVD, lalu tabung Gas 12 Kilogram dan uang tunai Rp2 juta. Total kerugian korban mencapai Rp30 juta,” paparnya.

komplotan ini jumlah nya 6 orang. masih ada satu pelaku yang buron dan masuk DPO.

“Kita masih lakukan pengejaran terhadap satu orang tersangka. Inisialnya AD,” tambahnya.

Adapun  akibat perbuatannya, kelima tersangka ini akan disangkakan dijerat  pasal 363 ayat 1 ke 3e, 4e, 5e KUHP, tentang Tindak Pidana pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.(fh3189) 


Official Link

  • Tribrata News
  • Mabes Polri
  • Promoter.
  • Polda Kalsel