TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

133 Roda Dua Berhasil Diamankan Polres Banjarbaru

BANJARBARU – Polres Banjarbaru menindak lanjuti laporan masyarakat dan laporan melalui aplikasi SIHARAT Polres Banjarbaru yang resah karena ulah para pemuda yang melakukan kegiatan balap liar di sekitar perkantoran Setda Provinsi Kalsel, Jumat sore (17/01/2020).

Polres Banjarbaru melakukan tindakan dengan mengamankan ratusan pemuda yang diduga melakukan balap liar di Jalan Dharma Praja Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Razia yang dilakukan tim patroli unit kecil lengkap (UKL) jajaran Polres Banjarbaru ini berhasil mengamankan sebanyak 152 orang laki-laki dan 13 orang perempuan, yang kebanyakan merupakan pelajar dibawah umur.

Pelaku yang diamankan berasal dari Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Banjarmasin, dan paling jauh dari Kabupaten Tanah Laut. Sebanyak 133 sepeda motor berhasil diamankan oleh jajaran Polres Banjarbaru.

Mereka yang terindikasi melakukan tindakan balap liar tersebut kemudian diamankan petugas gabungan jajaran Polres Banjarbaru yang berjumlah sekitar 70 petugas menuju Mapolres Banjarbaru.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso S.I.K.,M.H melalui Kasubbag Humas Polres Banjarbaru AKP Siti Rohayati S.Ap mengatakan, bahwa penertiban itu berdasarkan dari laporan dari masyarakat karena resah akan tindakan balapan liar yang terjadi di wilayah Banjarbaru yang menggangu aktifitas.

“Berdasarkan dari laporan masyarakat dan laporan aplikasi SIHARAT Polres Banjarbaru, kemudian kami melakukan tindakan penertiban balap liar di sekitar sekda provinsi Kalsel,” ucapnya.

Saat dilakukan penertiban, pelaku balap liar lari kocar-kacir. Bahkan ada yang sampai bersembunyi di perkantoran area Setda provinsi Kalsel dan didalam semak-semak sekitar, namun petugas yang ditempatkan di titik-titik tertentu sudah mempersiapkan dan berhasil mengamankan pelaku peserta balap liar.

Dalam proses penertiban yang dilakukan tadi sore sekitar pukul 16.30 Wita, petugas di lapangan juga menemukan senjata tajam dan telah diamankan ke Mapolres Banjarbaru, diduga ada yang sempat membuang.

“Saat dilakukan upaya penertiban, Satu anggota polres Banjarbaru juga ada yang mengalami insiden tertabrak sepeda motor balap liar karena berusaha kabur dari petugas, dan saat ini anggota tersebut berada di rumah sakit untuk mendapat perawatan,” imbuh AKP Siti Rohayati.

Pelaku balap liar yang dibawa ke Mapolres Banjarbaru kemudian dilakukan tindakan penilangan, selain itu juga akan direkam data identitas diri dan keluarga seperti perekaman sidik jari dan foto wajah sebagai catatan tersendiri didalam pembuatan SKCK guna efek jera.

Setelah didata, Pelaku balap liar selanjutnya dipulangkan dengan syarat ada orang tua atau wali yang menjemput. Dengan harapan dilakukan pembinaan lebih lanjut.

“Kedepan kami akan lebih intensif lagi dalam melakukan penertiban, agar para remaja tidak mengulangi dan tidak melakukan aktivitas balap liar. Karena dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” tutupnya. (RAN)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111