TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Apa Yang Dilakukan Brigadir Heru Di Pos Landu

Polres Banjarbaru-Polsek Banjarbaru Barat, Bhabinkamtibmas Landasan Ulin Barat, Brigadir Heru Mujahidin, SH menyelesaikan masalah warga binaanya bertempat di Posko Landu Jalan A. Yani Km. 19 Kel. Landasan ulin barat Kec. Lianganggang. Selasa, 26 Desember 2017. Sekitar pukul 16.00 WITA.

Brigadir Heru Mujahidin, selaku Bhabinkamtibmas Kel. Landasan Ulin Barat mendapat laporan dari rekan BPK Landu Lianganggang. Bahwa ada dua anak yang bernama M. ANDRE, AHMAD LUTFI yang membawa keranjang sampah dan meminta-minta sumbangan di wilayah Liang anggang. Setelah di tanya mereka meminta sumbangan meatas namakan Barisan Pemadam Kebakaran “PASBA” (Pasar Batuah Martapura) dan Buser 690 Kab. Banjar “PAMA” (Pasar martapura). Dan temukanya stiker yang tertulis ” Barisan Pemadam Kebakaran” “PASBA”  (Pasar Batuah) Martapura Hp: 08522262276. Dan Buser 690 Kab. Banjar “PAMA” Karcis Sumbangan Suka Rela Hp. 082149192433. Mohon sumbangan untuk pembelian dan pemeliharaan peralatan PMK”PAMA” Pasar Martapura. Begitulah isi stiker dan karcis yang ditemukan. Dan uang pecahan yang ditemukan sejumlah Rp. 160.000,- ,dengan rincian sbb:
Uang Pecahan :
Rp 20.000,- (1 lembar),
Rp 5000,-(14 lembar),
Rp 2.000,- (34 lembar),
Rp 1000,- (1 lembar),
Rp 500,- (2 lembar).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kebakaran Drs M Helmi MM mengatakan, dalam Peraturan Daerah (Perda) no 13 tahun 2008 tentang penanggulangan bahaya kebakaran, disebutkan pada pasal 31 ayat (5), setiap anggota BPK tidak boleh meminta sumbangan diluar kelurahan masing-masing.
“Memang boleh minta sumbangan, tapi hanya di wilayahnya masing-masing saja, tidak nyelonong kewilayah lain kelurahannya,” imbuhnya. Seperti kalau BPK tersebut sekretraisnya di Martapura kenapa harus meminta sumbangan di Kec. Liang anggang, Banjarbaru hal ini tidak tepat.

Diakui, memang kita sudah banyak juga menerima laporan dan keresahan masyarakat tentang maraknya peminta-minta BPK ini. Karena selama ini yang bisa mereka lakukan hanya mensosialisasikan akan hal tersebut kepada seluruh persatuan BPK, agar mentaati ketentuan yang ada apabila meminta meminta sumbangan kerumah-rumah warga.

Kejadian ini sangat berdampak negatif bagi rekan BPK Landu Liang anggang karena apabila ingin meminta dana kepada warga sekitarnya, warga menolak dan berkata tadi sudah ada yang meminta dari Landu. Padahal itu bukan dari pihak Landu. Pihak-pihak yang ingin menyalahgunaan sumbangan ini yang meatas namakan Landu Liang anggang.

Masalah ini selesai secara musyawarah. Uang yang ditemukan sejumlah Rp 160.000,- di infaq kan ke Masjid Darul Yaqin sejumlah Rp 130.000,- beserta bak sampahnya. Sisanya Rp 30.000,- diberikan kepada dua anak tersebut untuk ongkos pulang ke Martapura. Arahan dari Brigadir Heru Mujahidin agar kedua anak tersebut tidak mengulangi kesalahanya lagi. Karena Liang anggang bukan wilayah BPK PASBA dan PAMA.

Salah satu tugas lain yang menjadi tanggung jawab Babinkamtibmas, adalah menyelesaikan masalah di wilayah binaanya. Hal inilah yang selalu diarahkan dan ditekankan oleh Kapolres Banjarbaru AKBP. Kelana Jaya, S.IK,MH melalui Kapolsek Banjarbaru Barat KOMPOL. H. Syaiful Bob, S.Ap.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111