TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Apel Konsulidasi Operasi Ketupat Intan 2019 Polres Banjarbaru

BANJARBARU – Polres Banjarbaru gelar Apel Konsolidasi Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Intan 2019” dan Persiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu, Kemis (13/6/19) di Mako Polres Banjarbaru.

Sebagai Inspektur Upacara Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya S.I.K.,M.H.

Hadir dalam apel, Walikota Banjarbaru diwakili asisten 1, Dandim 1006 / MLW diwakili, Danrindam diwakili, Kasubdenpom, Kepala Kejaksaan Kota Banjarbaru diwakili, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarbaru dan Kepala Jasa Raharja Kota Banjarbaru.

Adapun pasukan yang terlibat 1 peleton Yonif 623 BWU, 1 peleton Sat Sabhara, 1 peleton Sat Lantas, 1 peleton Staf gabungan, 1 peleton Babhinkamtibmas, 1 peleton Sat Intelkam, 1 peleton Sat Reskrim, 1 peleton Sat Narkoba, 1 peleton Dishub dan 1 peleton Sat Pol PP.
Kapolres Banjarbaru membacakan amanat Kapolda Kalimantan Selatan,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersama – sama tidak henti – hentinya memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt, Tuhan yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya kepada kita, sehingga dapat hadir di tempat ini untuk mengikuti “apel konsolidasi operasi kepolisian terpusat ketupat intan 2019 dan persiapan pengamanan putusan sidang mahkamah kontitusi pada pemilu 2019”. Mengawali amanat ini, tentunya masih dalam suasana idul fitri 1440 h, saya atas nama pribadi dan kepala kepolisian daerah kalsel mengucapkan selamat idul fitri 1440 hmohon maaf lahir batin,teriring doa semoga amal ibadah kita selama ramadhan tahun ini diterima dan bernilai pahala di sisi allah swt.

Saudara – saudara sekalian, apel konsolidasi yang diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah pada hari ini, merupakan salah satu tahapan penting dalam sistem manajerial, untuk mengevaluasi pelaksanaan operasi kepolisian terpusat “ketupat intan – 2019” serta dalam rangka persiapan pengamanan putusan sidang mahkamah kontitusi pada pemilu 2019 yang akan mulai digelar pada tanggal 14 juni 2019.

Operasi kepolisian “ketupat intan – 2019” dalam rangka pengamanan lebaran yang telah digelar selama 13 hari mulai dari tanggal 29 mei sampai dengan tanggal 10 juni 2019,syukur alhamdulilah dapat berjalan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan operasi yang telah direncanakan dari hasil analisa dan evaluasi penyelenggaraan operasi kepolisian tersebut menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. koordinasi dan kerja sama sinergis seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan “operasi ketupat tahun 2019” di wilayah Kalimantan selatan mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror, maupun aksi intoleransi dan kekerasan di wilayah kalimantan selatan. selanjutnya dari hasil evaluasi data gangguan kamtibmas diwilayah hukum polda kalsel selama operasi kali ini, mengalami penurunan sebesar 107 kasus atau (82,3%), dari 130 kasus kejahatan pada operasi tahun 2018 menjadi 23 kasus.

kejadian laka lantas pada operasi tahun 2019 ini apabila dibandingkan dengan operasi tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 16 kejadian,korban meninggal dunia mengalami kenaikan 6 jiwa,korban luka berat tetap 5 orang. dan luka ringan naik 34 orang sedangkan untuk data pelanggaran lalu lintas selama tahun 2019 sebanyak 717 pelanggaran (tilang). mengalami penurunan sebanyak 921 pelanggaran, apabila dibandingkan dengan tahun 2018 lalu yakni sebanyak 1.638 pelanggaran (tilang).

dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat luas yang mengalami ketidak nyamanan dalam perjalanan arus mudik dan balik 2019. rekayasa lalu lintas yang telah dilakukan tentunya akan berdampak pada ketidak nyamanan bagi sebagian pengguna jalan, namun yakinlah bahwa semua itu telah dipertimbangkan dari berbagai faktor dan dampak lalu lintas yang paling minimal akibat dari diberlakukannya rekayasa lalu lintas tersebut, demi kepentingan bersama agar semuanya dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Selanjutnya saya ucapkan terima kasih atas partisipasi, ketertiban, dan kesabaran serta perhatian terhadap keselamatan oleh semua pengguna jalan, sehingga arus mudik dan balik dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan, walaupun masih terdapat banyak kekurangan, tentunya akan menjadi bahan evaluasi guna melakukan perbaikan pada pelaksanaan operasi di masa yang akan datang.

Kepada saudara – saudara kami yang mengalami kecelakaan dengan berbagai akibat yang ditimbulkan, tentu kami juga memyampaikan duka yang mendalam, semoga Allah swt Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan yang terbaik dari apa yang dikehendaki-nya.

Saya juga ingin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh personel Polri, TNI dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam operasi ketupat tahun 2019 sehingga secara umum keseluruhan operasi ketupat intan – 2019 berjalan dengan baik dan lancar. teriring doa, semoga perjuangan dan pengabdian yang saudara berikan pada pengamanan ramadhan dan idul fitri tahun 2019, menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan yang maha esa.

Kita patut bersyukur, secara umum situasi kamtibmas wilayah kalsel sampai dengan saat ini dalam keadaan aman dan kondusif. hal itu terlihat dari kegiatan masyarakat yang berjalan normal dengan menjalankan rutinitas sebagaimana biasanya, semua itu tidak terlepas dari segala upaya dan doa yang
kita panjatkan dalam setiap pelaksanaan tugas akan tetapi, situasi yang aman ini jangan membuat kita under-estimate, terlebih kontestasi pemilu 2019 saat ini masih berlangsung. dimana pada hari kamis tanggal 14 juni besok, akan dimulainya sidang perdana mahkamah konstitusi di Jakarta, terkait gugatan yang dilayangkan oleh salah satu pasangan capres dan cawapres. walaupun proses tersebut berlangsung atau terkonsentrasi di jakarta, kita semua harus tetap mencermati perkembangan situasi tersebut, jangan sampai memiliki dampak implikasi gangguan kamtibmas khususnya di wilayah kalsel terlebih apabila berkaca pada peristiwa di jakarta pada tanggal 21 dan 22 mei pasca pengumuman resmi hasil pemilu 2019 oleh kpu tentu dalam setiap tahapan pemilu terdapat berbagai kerawanan yang harus diantisipasi, tidak terkecuali pada proses putusan sidang mahkamah konstitusi pada pemilu 2019 yang akan diselenggarakan di jakarta.
pada konteks ini, Polda Kalsel dan jajaran bersama dengan Korem 101 Antasari serta jajarannya sebagai salah satu pilar utama penyangga demokrasi, dengan didukung segenap komponen masyarakat dan mitra keamanan lainnya, berkewajiban untuk menjaga kondusifitas keamanan di wilayah kalimantan selatan, agar seluruh tahapan pemilu 2019 dapat berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.
dengan semangat dan kerja keras dalam bingkai kebersamaan dan keterpaduan, didukung profesionalitas yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, segala potensi kerawanan yang ada di wilayah kalimantan selatan, telah sama – sama mampu kita kelola dengan baik. tutupnya.(RAN)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111