TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Awal Mula Problem Solving Yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Mentaos Terhadap Anak Terlantar

Polres Banjarbaru – Selaku Pelindung, Pengayom, dan Pelayan kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto melakukan Problem Solving terhadap anak terlantar yang terjadi di wilayah Mentaos Kota Banjarbaru, (07/09) Siang.

Berawal pada saat Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru Bripka Kariyanto mendapatkan Laporan dari warga mentaos yang beralamat di Komplek Sumber Indah Rt. 01 Rw 02 pada tanggal 1 Agustus 2017 atas nama Sdr. Bayu yang mana melaporkan Masalah penelantaran anak oleh salah satu warga kelurahan mentaos yang berinisial S yang mana Sdr. Bayu merupakan Keponakan dan Sdr. S.

Mendengar Laporan tersebut Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto melakukan penelusuran lebih lanjut terkait masalah penelantaran anak tersebut, diketahui bahwa Sdr. S menelantarkan ke 3(tiga) orang anaknya yang masing-masing berusia 11(sebelas), 9(sembilan), dan 4(empat) tahun dikarenakan ibu ketiga anak tersebut meninggal dunia dan kondisi Sdr. S yang bekerja serabutan.

Setelah melakukan penelusuran tersebut Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto, yang di tugaskan di wilayah Mentaos ini bersama dengan Sdr. Bayu, Keponakan Sdr. S melakukan pendekatan kepada Sdr. S dengan melakukan kunjungan ke kediamannya.

Setibanya di sana Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto melihat hal yang memang dapat dinilai tidak patut untuk dilihat, yang mana anak – anak tersebut memang tidak diurus oleh ayahnya dan tidak mendapatkan hak sebagai anak,seperti tidak memiliki akte kelahiran, tidak bersekolah, dan tidak mendapatkan kehidupan yang layak.

Melihat hal yang memilukan tersebut Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto menyarankan kepada Sdr. S agar ketiga anaknya yang berinisial Z, R, dan V tersebut dirawat oleh kerabatnya, namun Sdr. S menolak dan bersikeras dengan mengatakan bahwa bisa mengurus anaknya.

Menyikapi perkataan Sdr. S Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto yang merasa iba terhadap keluarga tersebut melakukan kesepakatan dengan Sdr. S agar merawat anaknya dengan benar dan Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru akan selalu aktif melakukan monitoring terhadap anak-anak tersebut.

Dalam menanggapi kejadian tersebut, Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto yang merupakan Bhabinkamtibmas Mentaos ini mengupayakan agar anak-anak tersebut dapat memiliki Akte Kelahiran, dan dapat bersekolah dengan cara melakukan koordinasi dengan Kelurahan Mentaos, selain itu Bripka Kariyanto mencoba menggerakkan warga mentaos agar lebih peduli kepada sesama dengan cara memberikan bantuan berupa baju bekas layak pakai.

“Kejadian ini merupakan salah satu dilema yang berat untuk dihadapi, dimana di Mentaos yang merupakan wilayah perkotaan terdapat satu keluarga yang terancam terpisah dikarenakan tidak dapat membiayai kehidupannya sehari-hari” Ucap Bhabinkamtibmas Polres Banjarbaru, Bripka Kariyanto.

“Permasalahan ini harus segera di selesaikan, pantau terus keadaan anak-anak tersebut jangan sampai ada yang tersakiti” Tutur Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: