TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Bhabinkamtibmas Sungai Besar memberikan penyuluhan Karhutla kepada masyarakat

Polres Banjarbaru, Musim Kemarau yang terjadi saat ini telah mengakibatkan munculnya kebakaran hutan dan lahan yang terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja khususnya terjadi di wilayah Kota Banjarbaru. Untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang lebih luas Kapolsek Banjarbaru Kompol Madyo Pranowo,SE.menyampaikan kepada Panit Bimas Ipda H.Andis ” agar Seluruh Anggota Bhabinkamtibmas selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan. Selasa 12/09/2017.

Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa dengan mengemban fungsi Pre-emtif, yang dilakukan dengan cara bermitra sehinga langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat desa binaannya,“Peran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil yakni tingkat desa, Bhabinkamtibmas harus mendengar lebih jelas tentang segala hal yang menjadi keluhan di masyarakat  binaannya” Ujar kasi Humas .

Selaku Babinkamtibmas Sungai Besar Aiptu Rahmat Setelah Apel Pagi, langsung Cepat dan tanggap menyikapi arahan Pimpinan hal tersebut terbukti dengan kegiatan yang telah dilakukanya yaitu, tak henti-hentinya melakukan penyuluhan kepada masyarakat mengenai larangan membakar lahan, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kota Banjarbaru, dan setiap orang dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, Karena dapat diamcam hukuman pidana penjara, sesuai Pasal 69 ayat (1) huruf h dan Pasal 108 UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Hukuman penjara paling singkat 3 (tiga) thn dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 3(tiga) juta dan paling banyak RP 10 (Milyar)″.

Selanjutnya kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya,S.I.K,M,H, menjelaskan untuk mengantisipasi terjadi Karhutla, agar Babinkamtibmas selalu berperan aktif selalu melaksanakanan Kampanye Sosialisasi Karhuntla secara Rutin di masing-masing wilayah Binaanya, kemudian agar babinkamtibmas memberikan pemahanan, kepada masyarakat mengenai dampak dari bencana kebakaran tersebut, agar pada saat akan membuka lahan tidak dengan cara dibakar, serta menjaga lingkungan dengan baik.”jelasnya.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: