TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Bripka Eko Purwanto,Kunjungi Kios Guna Sampaikan Maklumat Kapolda Kalimanta Selatan Tentang Larangan Menimbun Sembako

Polres Banjarbaru – Bhabinkamtibmas kelurahan Guntung Payung Polsek Banjarbaru Barat Bripka Eko Purwanto pada hari jumat tanggal 22 Desember 2017, melaksanakan kunjungan kepada warga, khususnya kios-kios sembako yang ada di wilayah binaan kelurahan Guntung Payung.

Dan sore ini, Bripka Eko Purwanto mengunjungi Kios Ibu Mia yang beralamat dijalan Bina Putra Blok A Rt 08 Rw 02 Gg. Al Hidayah 2 kelurahan Guntung Payung.

Pada kesempatan tersebut selaku Bhabinkamtibmas, Bripka Eko Purwanto menyampaikan Maklumat Kapolda Kalsel Nomor: MAK/03/XII/2017, tentang LARANGAN PENIMBUNAN DAN MEMPERDAGANGKAN BARANG KEBUTUHAN POKOK (BAPOK) TIDAK SESUAI KETENTUAN.

Salah satu yang tertuang dalam Maklumat Kapolda Kalsel tersebut adalah mengenai barang yang disubsidi pemerintah. Diantaranya BBM, Gas Elpiji 3kg, dan Pupuk. Yang poin intinya adalah, Dilarang menimbun atau menyimpan Barang kebutuhan Pokok dan Barang Bersubsidi melebihi batas yang diperbolehkan dan dalam waktu tertentu pada saat kelangkaan barang, dengan maksud mengambil keuntungan sehingga barang menjadi mahal.

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan Sangsi tegas terhadap pelaku usaha yang melanggar berupa Pidana karena melanggar pasal 133 UU no. 18 tahun 2012 tentang Pangan dengan hukuman penjara selama 7 tahun atau denda paling banyak 100 Miliar Rupiah. Melanggar Pasal 104 UU No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan, dan UU No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan hukuman penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak 50 Milyar Rupiah.

“Hayo, ibu pilih yang mana, pilih menjual sesuai harga yang ditentukan, atau pilih melanggar dengan hukuman atau denda yang saya sampaikan tadi?!” terang Bripka Eko Purwanto.
“Ya jelas saya pilih aman lah, Pak. Jual sesuai ketentuan aja. Aman didunia, aman juga diakhirat. Benar kan, Pak.” kata Ibu Mia yang lebih merupakan sebuah Pernyataan daripada Pertanyaan.

“Syukurlah kalo ibu memang sudah memahaminya. Harapan saya juga demikian. Saya ingin semua warga disini sebagai warga yang taat Hukum dan malu melakukan Pelanggaran”. Kata Bripka Eko Purwanto dengan semangat.

Ditemui secara terpisah, Kapolsek Banjarbaru Barat Kompol H. Syaiful Bob mendukung penuh apa yang dilakukan oleh para Punggawa Bhabinkamtibmas, khususnya diwilayah hukum Polsek Banjarbaru Barat.
“Maklumat Kapolda Kalsel tersebut harus terus disampaikan kepada seluruh warga khususnya kios-kios yang menjual Barang Pokok dan Barang Bersubsidi. Agar tidak ada warga yang merasa dirugikan”. Kata Kapolsek singkat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111