TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Kabag Ops Polres Banjarbaru Hadiri Pemusnahan Barang Bukti di Kejari Banjarbaru

Polda Kalsel, Polres Banjarbaru – Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono, menghadiri kegiatan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap atau inkracht, di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Banjarbaru. Kamis (03/12/2020).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Kejari Banjarbaru ini turut dihadiri oleh perwakilan dari unsur pemerintahan seperti Kabag Ops Polres Banjarbaru, Dandim 1006 Martapura, Ketua MUI Banjarbaru, Kepala Dinas Kesehatan Banjarbaru, Asisten II Pemko Banjarbaru dan tamu lainnya.

Berbagai barang bukti yang dikumpulkan seperti minuman keras, obat-obatan terlarang, senjata tajam, ponsel hingga barang lain berupa makanan dan minuman merupakan barang bukti hasil tindak pidana umum dari periode Juli sampai dengan November 2020.

Seluruh barang bukti yang ada berasal dari jumlah perkara tindak pidana umum sebanyak 136 perkara dan 13 perkara tindak pidana ringan. Adapun barang bukti yang dimusnahkan meliputi Narkotika jenis sabu seberat 411,668 gram, Ineks 56 butir, Seledril 7.591 butir, Carnophen 622 butir, serta Tembakau Gorila seberat 0,16 gram. Selain itu juga terdapat 16 buah senjata tajam, 84 unit ponsel, 243 botol minuman keras serta 200 kemasan berbagai makanan dan minuman.

Semua barang bukti yang terkumpul kemudian dimusnahkan berdasarkan jenisnya. Untuk jenis makanan dan minuman dieksekusi dengan cara dibakar, botol minuman keras dilindas dengan alat berat, senjata tajam dihancurkan menggunakan gerinda dan untuk ponsel dihancurkan menggunakan palu.

Dalam kegiatan ini, Kabag Ops Polres Banjarbaru beserta tamu undangan lainnya turut ikut memusnahkan barang bukti dan melanjutkannya dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti. Secara keseluruhan, kegiatan ini dilakukan untuk menunjukan bahwasannya setiap barang bukti yang telah disita benar-benar dihancurkan dan mencegah tindak penyelewangan terhadap barang bukti, agar dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap aparat.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso S.I.K; M.H melalui Kasubbag Humas Polres Banjarbaru IPTU Tajudin Noor mengatakan “Dukungan dari seluruh masyarakat serta hubungan yang saling bersinergi antar aparat penegak hukum adalah kunci untuk mencipatakan Kamtibmas yang kondusif termasuk dengan penanganan kejahatan maupun tindak pidana lainnya.” Ujar Kapolres Banjarbaru.

(ptr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: