TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Kapolda Kalsel Sematkan Baret, Tongkat Komando dan Piagam Kepada Pangdam VI/Mulawarman

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M. Tr (Han) dan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengunjungi Polda Kalsel dalam rangka kunjungan kerja dan silaturahmi, Kamis (10/9/2020) pukul 08.00 Wita.

Kedatangan Pangdam VI/Mulawarman disambut langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. beserta Wakapolda Kalsel dan Pejabat Utama Polda Kalsel.

Setibanya di Gerbang Masuk Utama Mapolda Kalsel, Pangdam VI/Mulawarman langsung dikalungan Kain Sasirangan Khas Kalimantan Selatan oleh Kapolda Kalsel serta disambut dengan Jajar kehormatan oleh personil Direktorat Samapta Polda Kalsel dan Pejabat Utama Polda Kalsel.

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. dalam sambutannya di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri mengucapkan terima kasih dan selamat datang sekaligus rasa bangga kepada Pangdam VI Mulawarman beserta rombongan terdiri dari Asops Kodam VI/Mulawarman dan Aster Kodam VI/Mulawarman di sela kesibukannya dapat hadir di Polda Kalsel.

Disampaikan bahwa Polda Kalsel memiliki 13 Polres/ta yang tersebar di 11 Kabupaten dan 2 Kotamadya, yang saat ini Polda Kalsel beserta Jajaran fokus terhadap 3 agenda yakni meliputi Penanganan Covid-19, Penanggulangan Karhutla dan juga Pengamanan Pilkada 2020.

Terkait Penanganan Covid-19, Kapolda Kalsel menuturkan bahwa pihaknya telah mengambil 5 langkah strategis yaitu Penambahan alat uji PCR, Penambahan rumah isolasi mandiri dan kapasitas rumah sakit, Peningkatan jumlah Kampung Tanggung Banua (KTB), Melakukan operasi penegakan disiplin serta Efesiensi anggaran.

Sedangkan untuk Penanggulangan Karhutla, langkah strategi yang dilakukan oleh Polda Kalsel dan sudah dilaksanakan yaitu giat Preemtif berupa penyebaran Maklumat Kapolda Kalsel, pemasangan spanduk, himbauan, sosialisasi para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat setempat tentang bahaya Karhulta. Sementara dalam giat Preventif Polda Kalsel selalu menggandeng unsur TNI untuk melaksakanan patroli dialogis hingga pelosok desa untuk meminimalisir kebiasaan masyarakat yang kerap membakar lahan.

Untuk Pengamanan Pilkada, Kapolda Kalsel menyampaikan 1.100 personil Polri bersama 231 personil TNI di wilayah Kalsel dikerahkan dalam setiap tahapan, dengan tetap mengedepankan standart prosedur protokol kesehatan disituasi Pandemi Covid-19 saat ini.

Dengan terjalinnya kerjasama dan kemitraan secara sinergis antara Polri dengan Pemerintah Daerah, TNI, stakeholder dan seluruh elemen masyarakat, Kapolda Kalsel pada kesempatan ini memberikan penghargaan kepada Panglima TNI sebagai Komandan Kehormatan Harkamtibmas.

Kapolda Kalsle menjelaskan secara etimologi, Komandan bermakna seorang pemimpin, sedangkan Kehormatan merupakan sebuah bentuk jati diri atau karakter dan Harkamtibmas menggambarkan bahwa kami menyadari peran Polisi tidak dapat berdiri sendiri untuk memelihara Kamtibmas. Terbukti dengan sinergitas TNI-Polri yang selama ini terjalin sehingga dapat menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Saya sengaja memakai baret (Penghargaan) ini terus karena bagi saya ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa dan sepanjang 32 tahun saya berdinas saya baru bisa memakai baret ini baru kali ini dan disematkan langsung oleh Bapak Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H.,” tutur Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M. Tr (Han).

Rasa syukur pun disampaikan Pangdam VI/Mulawarman karena bisa hadir di Mapolda Kalsel untuk bersilaturahmi dan membangun sinergitas, membangun hubungan yang terjalin dengan baik dan selalu bersinergi dalam setiap kegiatan.

Pangdam VI/Mulawarman mengapresiasi kegiatan kerjasama dan sinergitas TNI-POLRI di wilayah Kalimantan Selatan dan hal luar biasa itu harus terus dijaga karena bangsa ini sangat rentan dengan berbagai permasalahan yang ada di wilayah. Oleh karenanya itu, diharapkan seluruh pihak bersama-sama menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah.

Pada kesempatan ini Pangdam VI/Mulawarman pun menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas jalinan kerjasama TNI-POLRI sebagaimana ucapan Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. “Sinergitas Tanpa Batas”.

“Saya berharap mari kita membangun “Sinergitas Tanpa Batas”, membangun wilayah Kalimantan Selatan yang kondusif aman dan sebaik-baiknya, serta melaksanakan tugas dengan bekerja keras dan ikhlas,” tutup Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M. Tr (Han).

Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. pada kesempatan ini Penyematan baret bintang 2 dan tongkat komando serta piagam Komandan Kehormatan Harkamtibmas kepada Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, S.E., M.M., M. Tr (Han).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111