TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Kapolsek Banjarbaru Timur Hadiri Tradisi Baayun Maulid 1 Syawal 1439 H Di Batu Ampar Kecamatan Cempaka

Polres Banjarbaru, Kapolsek Banjarbaru Timur yang merupakan jajaran Polres Banjarbaru AKP Avan Suligi menghadiri acara Tradisi Baayun Maulid 1 Syawal 1439 H yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Fatin Wal Imdad Rt.28 Rw.09 Batu Ampar Kelurahan Cempaka Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Minggu (17/12/2017).

Maulid Nabi Muhammad atau Kelahiran Nabi Muhammad SAW dimaknai dengan ragam cara, di Kalimantan Selatan, khususnya di Batu Ampar Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru ada salah satu tradisi unik yang selalu digelar tiap tahunnya untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baayun maulid, demikian nama tradisi yang dilakukan tiap tanggal 12 Rabiul Awal dan sudah dilangsungkan masyarakat Banjar sejak era Kerajaan Banjar tersebut.

Baayun maulid dilakukan dengan mengayun anak atau bayi sambil membacakan salawat Nabi Muhammad SAW, Sesuai dengan kalimat yang membentuknya, yakni baayun yang artinya mengayun ayunan dan maulid Nabi Muhammad SAW.

Peserta yang ikut acara Baayun Maulid berjumlah 95 orang, dan kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, Camat cempaka, Kasat Bimmas Polres Banjarbaru, Babinsa, Lurah Kel. Cempaka, Bhabinkamtibmas Kel. Cempaka, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut Habib Toha bin Abdulloh dari Hadral Maut  Yaman.

Kapolsek Banjarbaru Timur AKP Avan Suligi mengatakan “Esensi yang harus diambil adalah kita dapat meneladani katauhidan kelahiran Nabi Muhammad yang istimewa dan dimuliakan oleh Allah SWT. Baayun nya sendiri bukan merupakan syariat Islam. Tapi dipadukan dengan budaya lokal agar ajaran Islam bisa menyatu dan mengakomodir budaya lokal, sejauh tidak di luar akidah”. Ucapnya. (BBT)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini:

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/bbarukalsel/public_html/wp-content/plugins/really-simple-ssl/class-mixed-content-fixer.php on line 111