TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Kompol Purbo Raharjo pimpin apel kesiapan dan berikan arahan kepada petugas pengamanan TPS

Polres Banjarbaru, Personil Polsek Banjarbaru Kota jajaran Polres Banjarbaru, Polda Kalsel. Menjelang Pilkada 2020 yang tinggal beberapa hari lagi, Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol Purbo Raharjo melakukan apel kesiapan dan memberikan arahan kepada anggota Polri yang bertugas di TPS, Senin (07/12/2020).

Kegiatan Apel kesiapan kali ini berlangsung di halaman Polsek Banjarbaru Kota yang diikuti anggota Polri yang tersprin dalam pengamanan TPS nantinya pada tanggal 09 Desember mendatang.

Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol Purbo Raharjo memberikan arahan dengan maksud dan tujuan agar anggota mengerti dan harus memahami kerawanan dan potensi gangguan kamtibmas di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Banyak aturan baru di TPS pada Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

Antara lain jumlah pemilih maksimal 500 orang satu TPS, kemudian pengaturan jam kehadiran pemilih ke TPS, pengaturan jaga jarak bagi pemilih saat antri di luar maupun dalam TPS, larangan bersalaman, serta penyediaan tempat cuci tangan portable di lingkungan TPS, petugas KPPS juga wajib menggunakan masker dan sarung tangan selama bertugas. Mereka juga harus menggunakan face shield selama bertugas dan sebelum bertugas harus menjalani tes cepat. Setiap pemilih yang akan masuk ke TPS akan dicek suhu tubuhnya dan setelah menggunakan hak pilih, jarinya akan d tintanya akan diteteskan oleh ditetsi tinta oleh petugas.

Kompol Purbo Raharjo berharap kepada seluruh personel yang akan pengamanan TPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. “Petugas di TPS maupun PPS harus lebih awal berkoordinasi agar pada saatnya tidak kebingungan, serta saya harap jauh-jauh hari anggota yang melaksanakan pengamanan sudah tau lokasinya,” tambahnya.

Kapolsek Banjarbaru Kota Kompol Purbo Raharjo menegaskan bahwa pihaknya bersama elemen masyarakat siap mengamankan pesta demokrasi serta menjaga kamtibmas menjelang maupun sesudah Pilkada 2020 nantinya.

Melalui apel kesiapan ini diharapkan rekan-rekan yang akan melaksanakan pengamanan TPS mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, masing-masing personel bisa cepat melakukan antisipasi dan tindakan pengamanan jika sewaktu-waktu potensi gangguan keamanan muncul.

Semua personel yang diterjunkan dalam pengamanan harus sigap dan mengetahui tahapan dan kerawanannya serta potensi gangguan kamtibmas. Apabila ada kendala dan hambatan dalam pelaksanaan tugas pengamanan, segera laporkan kepada pimpinan agar bisa cepat tertangani. “Anggota yang terlibat pengamanan TPS saya harap agar segera berkoordinasi dengan KPPS diwilayah masing-masing”. tegas(pry).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: