Ikhlas, Benar dan Berkualitas

-->
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno dalam acara Tatap Muka dengan Para Direktur, Kapolres/Ta, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kalsel, Jumat (26/8),  mengatakan bahwa peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), sangatlah penting ditengah-tengah masyarakat. Menurutnya, Bhabinkamtibmas termasuk tulang punggung Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas),

“Perlu diketahui bahwa Bhabinkamtibmas merupakan panglima keamanan. Apalagi, keamanan merupakan salah satu unsur penting dalam kelanjutan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak kepolisian dalam menjalin hubungan baik dengan masyarakat di pedesaan ataupun pelosok kota. Sebagai ujung tombak dari kepolisian, Bhabinkamtibmas harus mengetahui perkembangan apa yang terjadi di masyarakat agar dapat dideteksi sejak dini dan bisa mengatasinya dengan cepat.

Putut mengatakan, peranan Bhabinkamtibmas sangat vital, salah satunya sebagai deteksi dini terhadap potensi ancaman yang ada di masyarakat. Oleh karenanya, Putut menyampaikan, mereka harus terus meningkatkan kemampuan untuk bisa menyikapi semua permasalahan, seperti penyakit masyarakat, bahaya radikalisme dan terorisme.

“Perannya harus ditingkatkan. Pokoknya segala sesuatu yang terjadi di tempatnya di mana dia ditugaskan harus diketahui sedini mungkin,” tegas jenderal bintang tiga ini.

Menurut Putut, gejolak yang timbul di masyarakat dapat diantisipasi oleh peran Bhabinkamtibmas. Maka dari itu dikatakannya, anggota dari Bhabinkamtibmas diwajibkan memiliki kemampuan deteksi dini yang dimungkinkan dengan menjalin hubungan yang intensif dan menyatu dengan seluruh lapisan masyarakat, dari Lurah, pengurus Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT), maupun tokoh agama serta tokoh masyarakat di wilayahnya bertugas.

karena memiliki peran sangat penting, dirinya berharap Bhabinkamtibmas yang berprestasi bisa dilaporkan ke pucuk pimpinan Polri untuk diberikan penghargaan.“Ini dalam rangka memberikan reward kepada Bhabinkamtibmas yang berprestasi, tetapi tidak termuat di dalam berita atau dalam media sosial,” katanya.

“Saya bersyukur ke Kalimantan Selatan ini. Setelah saya mendapatkan laporan dari Kapolda Kalsel, ternyata relatif kecil timbul konflik, bahkan Kalsel sangat kondusif,” imbuhnya.


Official Link

  • Tribrata News
  • Mabes Polri
  • Promoter.
  • Polda Kalsel