TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Peran Aktif Bhabinkamtibmas Polsek Banjarbaru Barat Brigadir Ilham Aktif Padamkan Api

PolresBanjarbaru- Banjarbaru Akhir-akhir dalam Minggu ini, Kebakaran lahan memang meluas di Kalimantan dan sekitarnya, Ini merupakan kejadian tahunan yang disebabkan ulah manusia yang membakar lahan untuk pertanian atau perkebunan. Menurut prakiraan BMKG Karena Pengaruh El Nino, Indonesia hanya akan menerima curah hujan yang sedikit sehingga kemarau semakin panjang. Hutan yang biasanya basah, kini kering kerontang sehingga rawan terbakar.

Seorang petugas Bhabinkamtibmas Landasan Ulin Utara brigadir F.Ilham. SH yang bertugas menjaga Kamtibmas di wilayahnya juga berperan aktif ikut memadamkan api yang sedang berkobar di lahan gambut yang masih terbakar di Jl. Golf yang berdekatan dengan SMPN 11 Banjarbaru.

Brigadir F.Ilham.SH mencontohkan, ibarat membakar sampah yang belum kering, sehingga pembakaran terjadi secara tidak sempurna. Alhasil timbul asap pekat. Begitu juga dengan pembakaran dilahan gambut.

“terbatasnya air, dan sarana prasarana serta luasnya wilayah yang terbakar menjadi kendala dalam pemadaman”ucap Brigadi Ilham.

Api yang sudah padam terbakar kembali karena gambut terbakar di bawah permukaan, untuk memadamkan lahan gambut diperlukan mesin pompa bertekanan tinggi berikut dengan mesin penggerak, drum penampungan air, pompa air, selang bertekanan panjang sekitar 100 meter, stik semprot, masker penahan debu dan asap serta sepatu boot.Tambahnya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: