TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Peran Bhabinkamtibmas Dalam Pemilu Legislatif

Polres Banjarbaru, nama Badan Pembinaan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) sebenarnya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, apalagi dengan perannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai namanya.

Menjelang Pemilihan Legislatif, peran Babinkamtibmas pun semakin kuat. Babinkamtibmas turut andil dalam proses lancarnya Pemilu. Karena Babinkamtibmas turun langsung ke tengah-tengah masyarakat memberikan penyuluhan dan sosialisasi pentingnya Pemilu damai.

“Babinkamtibmas itu punya tugas sambang desa untuk melakukan penyuluhan terkait upaya-upaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan keamanan di wilayah masing-masing dan cara masing-masing seperti yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas desa Simpang Warga Dalam ini,” ujar Kapolsek Aluh Aluh Iptu Rojin, Rabu (28/02).

Kapolsek mengatakan, tidak ada tugas lain bagi Polri dalam kegiatan politik, kecuali mengajak masyarakat, tokoh masyarakat serta tokoh agama untuk menjaga Pemilu tetap damai. Pemilu yang damai berarti bebas dari tindakan-tindakan yang sifatnya kekerasan, tindakan-tindakan yang dilarang oleh hukum.

Tugas Babinkamtibmas melalui pendekatan persuasif, berinteraksi secara langsung kepada masyarakat dan itu dilakukan oleh seorang anggota kepolisian setempat.

“Tugas penyuluhan yang diberikan oleh Babinkamtibmas untuk bertatap muka dengan masyarakat dari hari ke hari, waktu ke waktu dan umumnya mereka bertugas sendirian,” ungkapnya. (e’Black)

 

TagLine : Polda Kalsel, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Polres Banjarbaru.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: