TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Petugas Bhabinkamtibmas selalu hadir di masyarakat

Polres banjarbaru, Babinkamtibmas adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, sehingga petugas babinkamtibmas memiliki tanggung jawab yang berat contohnya seperti yang dialami oleh babinkamtibmas sungai ulin ini yaitu Bripka Suyatno yang mana petugas tersebut merupakan petugas babinkamtibmas yang baru, namun niatnya tidak menyurutkan untuk selalu belajar sebagai seorang Petugas Babinkamtibmas.

Babinkamtibmas mempunyai tugas sebagai berikut, melakukan Kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya, Melakukan dan membantu pemecahan masalah, Melakukan pengaturan dan pengamanan kegiatan masyarakat, Menerima informasi tentang terjadinya tindak pidana Memberikan perlindungan sementara kepada orang yang tersesat, korban kejahatan dan pelanggaran, Ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit, Memberikan bimbingan dan petunjuk kepada masyarakat atau komunitas berkaitan dengan permasalahan Kamtibmas dan Pelayanan.Ucap Kasi Humas.

Fungsi babinkamtibmas Melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk,  mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan Membimbing dan menyuluh di bidang hukum dan Kamtibmas untuk meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM), Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan pimpinan Polri berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas),Mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan dan kegiatan masyarakat, Memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan,Menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, Mengkoordinasikan upaya pembinaan Kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lainnya,Melaksanakan konsultasi , mediasi, negosiasi, fasilitasi, motivasi kepada masyarakat dalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.”Tutur Panit Bimas.

Ternyata salah satu dari tugas babinkamtibmas tersebut telah dilakukan oleh Bripka Suyatno , terbukti dengan  melakukan DDS, ke salah satu rumah warga yaitu rumah bapak Gatot Widodo selaku Ketua Rt. 12 Rw. 03 Kel. Sungai Ulin Kec.Banjarbaru Utara Kota Banjarbaru Pada Kesempatan tesebut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas,agar Ikut berperan /berpartisifasi dlm menjaga SitKamtibmas disekitar Lingk, Waspada Thd aksi pelaku Tindk Pidana Curanmor, jambret ,Waspada terhadap aksi pelaku kejahatan dgn modus penipuan melalui media sosial.Mengajak bersama sama mencegah masuknya ajaran Radikalisme/terorisme di lingkungan Rt/Rw Tempat tinggal.Ternyata berat ya dan tidak mudah menjadi petugas Babinkamtibmas.” tutur Bripka suyatno.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari warga yang dikunjungi dan berharap kegiatan tersebut akan terus berlangsung. Selaku Kapolsek  Banjarbaru Kota Kompol Madya Pranowo,SE. saat dikonfirmasi mengatakan “Sambang merupakan kegiatan rutin bagi Bhabinkamtibmas sebagai upaya untuk mendekatkan diri dengan warganya guna memberikan rasa aman dan nyaman sehingga tercipta situasi yang kondusif”, ucap singkat Kapolsek.

penulis:Ahmat s

Editing:Ahmat s

Publish:Ahmat s

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: