Ikhlas, Benar dan Berkualitas

-->
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Pengecekan ruang tahanan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan usai pelaksanaan serah terima penjagaan Polres Banjarbaru, hal tersebut berguna sebagai sarana mengecek jumlah tahanan, ruang tahanan serta mengecek kondisi kesehatan setiap tahanan, seperti halnya malam ini Kamis (28/09/2017).

Pengecekan tahanan tersebut dilaksanakan oleh Perwira Pengawas (Pawas) Ipda Amir Suharto didampingi Kanit SPKT, Anggota Si Propam, anggota jaga tahanan Sat Tahti serta piket fungsi masing-masing fungsi.

Dalam pelaksanaannya, Pawas melaksanakan pengecekan mulai dari jumlah tahanan, kondisi kesehatan para tahanan hingga melaksanakan pengecekan dimasing-masing ruang tahanan guna mengecek jika ada barang-barang yang dilarang berada didalam ruang tahanan misalnya pisau, silet atau sejenisnya, tali, korek api serta barang-barang lain yang dapat membahayakan jiwa para tahanan maupun petugas jaga.

Hal ini merupakan kegiatan Rutin yang Wajib dilaksanakan oleh seluruh Pawas dan Kanit SPKT yang hal ini merupakan Protap, setelah serah terima Penjagaan setiap pagi hari maupun malam hari. Pengecekan ini dilaksanakan sehingga tahanan selalu dalam kondisi sehat, serta meminimalisir terjadinya tahanan yang berusaha kabur ataupun tahanan yang bunuh diri.

Pada saat pengecekan hari ini, jumlah tahanan yang berada di Polres Banjarbaru berjumlah 28 orang dan ditambah 1 orang titipan. Jadi secara keseluruhan berjumlah 29 orang dalam keadaan sehat. Selain itu, dalam pengecekan tersebut tidak ditemukan barang -barang terlarang berada didalam ruang tahanan.

Pawas memberikan penekanan kepada petugas jaga tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiapa jam sesuai SOP. “Laporkan segera kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan”, Ucap Ipda Amir.

Ditempat terpisah Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya menuturkan ” pengecekan tahanan tersebut merupakan hal yang rutin dilaksanakan usai pelaksanaan serah terima penjagaan, dengan tujuan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan karena adanya barang-barang yang berbahaya yang dapat membahayakan jiwa para tahanan itu sendiri” tutupnya. (fafa).


Official Link

  • Tribrata News
  • Mabes Polri
  • Promoter.
  • Polda Kalsel