TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Polres Banjarbaru Gelar Konferensi Pers Akhir Tahun 2020

Polda Kalsel, Polres Banjarbaru – Dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2020 yang diselenggarakan di Joglo Polres Banjarbaru pada Kamis (31/12/2020) sore pukul 15.00 WITA, turut hadir Wakapolres Banjarbaru Kompol Andik Eko Siswanto, S.I.K.,M.H., PR Kasat Fung Polres Banjarbaru, Kasubbag Humas Polres Banjarbaru, serta rekan-rekan Media Kota Banjarbaru.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso S.I.K., M.H, pada Konferensi Pers ini disampaikan pencapaian Polres Banjarbaru terkait upaya-upaya penegakan Kamtibmas, tindak pidana, maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan disiplin kesehatan dalam masa pandemi di tahun 2020.

Secara menyeluruh pada tahun 2020 terjadi penurunan kasus hingga 50% namun ada kasus curat dan curas yang justru mengalami kenaikan sebanyak 7 kasus. Dari kasus-kasus tersebut, terlihat yang menjadi sasaran pelaku adalah tempat tinggal (rumah/kost) Mahasiswa yang sedang libur kuliah karena masa pandemi.

Menanggapi hal ini, Polres Banjarbaru telah melakukan berbagai langkah seperti sosialisasi melalui Bhabinkamtibmas dan lain-lain, “Upaya yang dilakukan seperti sosialisasi oleh Bhabinkamtibmas terhadap pemilik-pemilik kost untuk menambahkan CCTV di lingkungannya, mengaktifkan kembali Siskamling, serta peningkatan patroli kendaraan roda dua dan roda empat dibeberapa titik rawan pencurian.” Ujar Kapolres Banjarbaru.

Selain itu, terkait dengan kasus kekerasan pada perempuan dan anak mengalami peningkatan sekitar 35% yakni sebanyak 35 kasus di tahun 2020. Kasus dominan yang terjadi adalah pencabulan terhadap anak yang dilakukan oleh keluarga maupun orang terdekat korban. Atas kasus seperti ini telah dilakukan koordinasi maupun sosialisasi, “Kita terus berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Banjarbaru. Melakukan sosialisasi dan edukasi melalui radio, media sosial dan media lainnya.” Ujar Kapolres Banjarbaru.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan mengungkap kasus menonjol seperti pada jajaran Kasat Reskrim terkait kasus pencurian yang bernilai 500 juta dan Penipuan online bernilai ratusan juta rupiah. Sebaliknya pada Laka Lantas terjadi penurunan kasus dimana hanya ada 616 kasus pada tahun 2020. Untuk penindakan terhadap pelanggar lalu lintas juga turun sebanyak 57% karena adanya upaya-upaya persuasif yang lebih diarahkan untuk situasi pandemi Covid-19.

Selanjutnya pada jajaran Sat Sabhara kasus prostitusi dan miras mengalami tren kenaikan sebanyak 100% dan 34%, “Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kegiatan patroli yang dilakukan oleh Sat Sabhara.” Tambah Kapolres Banjarbaru. Dan untuk kasus Narkoba terjadi penurunan tren dimana pada tahun 2020 ini para pelaku yang ditangkap dominan berasal dari luar daerah Kota Banjarbaru.

Mengakhiri Konferensi Pers, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso S.I.K., M.H menghimbau agar masyarakat tetap berada di rumah saja pada saat pergantian tahun dan tidak melaksanakan kegiatan mengumpulkan orang banyak mengingat kondisi yang masih harus waspada dengan Covid-19.

(ptr)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: