Ikhlas, Benar dan Berkualitas

-->
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

Polres Kotabaru Galakkan Kembali Pos Kamling

Diterbitkan oleh admin 10 Juni 2016 0 komentar

pos kamling1

Polres Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai menggalakkan kembali pos Keamanan Lingkungan (Kamling), untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungannya.

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi H Suhasto melalui Kasat Binamitra AKP Sigit Chahyono, di Kotabaru, Jumat mengatakan, akhir-akhir ini kesadaran masyarakat terhadap keamanan di lingkungannya mulai turun, sehingga untuk membangkitkan semangat itu dibuatlah program lomba Pos Kamling mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten.

“Untuk memacu semangat masyarakat, Polres Kotabaru menyiapkan hadiah total puluhan juta rupiah,” katanya.

Dikatakan, hadiah terbaik pertama uang pembinaan sebesar Rp10 juta, terbaik ke dua uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta, dan peringkat ke tiga uang pembinaan sebesar Rp5 juta.

Harapan satu berhak memperoleh uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta, harapan dua uang pembinaan sebesar Rp2,5 juta, dan harapan tiga uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta.

Sigit mengemukakan, indikator penilaian meliputi, kebersihan, keaktifan personil, kelengkapan administrasi, papan jaga, peralatan informasi, buku jadwal jaga atau tamu dan yang lainnya.

Menurut dia, kebersamaan masyarakat dalam suatu RT atau kelompok masyarakat tertentu dalam menjaga keamanan lingkungan, menjaga kebersihan, dan mendukung program pemerintah juga bisa menjadi salah satu tolok ukur penilaian.

Tujuan lain digalakkannya Pos Kamling ini adalah untuk meningkatkan pamswakarsa, dan membantu tugas Polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Diharapkan, dengan cara tersebut sistem keamanan lingkungan merupakan usaha bersama dalam memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal semua bentuk ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban.

Untuk mewujudkan semua itu diperlukan kesadaran dan partisipasi masyarakat bidang keamanan dan ketertiban, dan menjadi potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan untuk menumbuhkembangkan sikap, kepekaan setiap individu dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di setiap lingkungan masyarakat.

Sigit mengemukakan, lomba Pos Kamling ini diikuti sekitar 100 pos kamling yang tersebar di 21 kecamatan di Kotabaru. rel/ant


Official Link

  • Tribrata News
  • Mabes Polri
  • Promoter.
  • Polda Kalsel