TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Polsek Banjarbaru Barat Monitoring Kegiatan Pra Eksekusi Kandang Babi Oleh Pemko Banjarbaru.

Anggota Polsek Banjarbaru bersama intansi terkait saat di kandang babi

Polres Banjarbaru – Polsek Banjarbaru Barat merupakan jajaran Polres Banjarbaru, melaksanakan monitoring Pra eksekusi peternakan Babi disekitar pondok Al yasin kelurahan Guntung mangis kota Banjarbaru. Kamis (06/02/2020)

Pemilik lahan kadang babi dan yang juga ketua kelompok adalah bapak Robin simangunson dengan luas lahan sekitar 2 ha dengan jumlah sekitar 2000 ekor babi.

Kegiatan monitoring kandang babi diprakarsai oleh Satpol PP sebagai penegak PERDA dan di ikuti Anggota Polsek Banjarbaru barat serta Personil Polres banjarbaru, TNI dan instansi terkait (Dinas tata kota, dinas lingkungan hidup.

Sebelum pelaksanaan dimulai dilaksanakn apel yang dipimpin oleh Ka Satpol PP dengan arahan meninjau perkembangan situasi peternak Babi setelah diberikan peringatan dan masing masing instansi agar memonitor sesuai dengan tugas dan fungsinya masing masing.

Berdasarkan monitoring ada sekitar 56 orang peternak babi dilingkungan pondok pesantreen Al yasin yang diketuai oleh bapak Robin simangunsong. dilokasi peternakan babi terkesan kumuh dan berbau karena tidak ada saluran pembuangan kotoran.

Dari keterangan dinas lingkungan hidup ibu Santi, peternak babi tidak memiliki izin, dan tidak ada instalasi pengolahan air limbah (IPAL) bertentangan dengan PERDA No.6 tahun 2014pasal 16 ayat 1 dan 2 tentang ketertiban umum, PERDA No 13 tahun 2014 pasal 41 tentang Rencana tata ruang kota Banjarbaru tahun 2014 – 2034. setelah diberikan surat peringatan dari Pemerintah kota Banjarbaru peternak babi merasa bingung karena akan kehilangan mata pencaharian.

Apabila Sat Pol PP keberhasil penertiban peternak yang tidak memilki izin akan dijadikan acuan untuk menertibkan peternak lainya yang tidak memiliki izin. acara berahir sekitar pukul 11.30 selama giat berlangsung situasi aman terkendali.

Kapolsek Banjarbaru Barat AKP Andri Hutagalung, S.Ab, M.AP, menerangkan ” Sangat mendukung dengan kegiatan penertiban kadang babi dari pihak Pemko Banjarbaru yang tanpa memlik izin dan menganggu kegiatan warga sekitar serta dekat dengan pondok pesantren pondok yasin dan saya juga memerintahkan agar bhabinkmatibmas monitor perkembangan warga disekitar kandang babi”, ujarnya. (BBB)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: