Ikhlas, Benar dan Berkualitas

-->
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Anda perlua melakukan upgrade ke Flash Player versi 10 atau di atasnya.

PERTELAAHAN TUGAS

DILINGKUNGAN SAT INTELKAM POLRES BANJARBARU

KASAT INTELKAM

Satuan Intelkam Polres Banjarbaru di pimpin oleh Kepala Satuan Intelkam yang disingkat Kasat Intelkam, dan mempunyai tugas dan fungsi  sebagai berikut :

  1. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kapolres Banjarbaru mengenai hal – hal yang berhungan dengan bidang tugas Intelijen Keamanan.
  2. Menjabarkan lebih lanjut kebijaksanaan Kapolres Banjarbaru dan pembina fungsi Intelkam ditingkat Polda Kalsel untuk menentukan arah bagi pelaksanaan fungsi Intelijen Keamanan dalam menyusun Rencana Kegiatan Polres Banjarbaru serta sebagai pedoman bagi para pelaksana pada semua tingkat organisasi di jajaran Polres Banjarbaru.
  3. Berdasarkan Rencana Kegiatan Polres Banjarbaru dan Petunjuk Teknis Pembina Tugas Intelkam Polda Kalsel, menetapkan, mengarahkan, dan mengendalikan pelaksanannya guna menjamin tercapainya sasaran secara berhasil dan berdaya guna.
  4. Memimpin Satuan Intelkam Polres Banjarbaru, sehingga terjamin pelaksanaan fungsi Intelkam di tingkat Polres Banjarbaru.
  5. Membina disiplin, tata tertib, dan kesadaran hukum di lingkungan Satuan Intelkam Polres Banjarbaru.
  6. Mengarahkan dan melakukan pembinaan kepada Unit Intelkam Polsek Jajaran Polres Banjarbaru serta melakukan Supervisi.
  7. Berdasarkan kebijaksanaan Kapolres Banjarbaru dan Petunjuk Teknis Pembina Fungsi Intelkam, menyelenggarakan pembinaan dan administrasi personil, logistik dan anggaran keuangan di lingkungan Satuan Intelkam Polres Banjarbaru serta melakukan upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan Operasional organisasi.
  8. Mengadakan koordinasi dan membantu mengawasi serta memberikan pengarahan terhadap pelaksanaan Fungsi Intelkam Polres Banjarbaru oleh badan – badan lain di Lingkungan Polda sesuai dengan kedudukan serta batas wewenang dan tanggung jawab.
  9. Kasat Intelkam Polres Banjarbaru bertanggung jawab atas tugas kewajiban kepada Kapolres Banjarbaru dan pelaksanan tugas sehari hari dikoordinasikan oleh Wakapolres Banjarbaru.

KAUR BIN OPS (KBO)

Urusan Pembinaan Operasional Sat Intelkam Polres Banjarbaru dipimpin Kepala Urusan Pembinaan Operasional Intelkam Polres Banjarbaru, disingkat Kaur Bin Opsnal Intelkam yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru, Kaur Bin Opsnal bertugas :

  1. Merumuskan, mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru mengenai hal- hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  2. Mengkoordinir serta mengawasi semua pekerjaan / kegiatan staf maupun administrasi di lingkungan Satuan Intelkam Polres Banjarbaru.
  3. Merumuskan dan mengembangkan prosedur tetap dan tata cara kerja bagi pelaksanaan tugas dilingkungan Sat
  4. Menyiapkan rencana kegiatan Intelkam Polres Banjarbaru, termasuk rencana pelaksanaan Operasi Khusus Intelkam.
  5. Melakukan pembinaan kegiatan dalam bidang keamanan, mengumpulkan, menyimpan dan melakukan pemutakhiran biodata tokoh formal atau informal organisasi sosial, mayarakat, politik, dan pemerintah daerah, serta persandian, pendokumentasian, penganalisaan terhadap perkembangan lingkungan strategis, penyusunan produk intelijen untuk mendukung kegiatan polres dan pemberdayaan personil pengemban fungsi intelijen.
  6. Melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan operasional Unit Intelkam.
  7. Mengatur penyelenggaraan dukungan anggaran operasional Sat
  8. Menyusun dan merumuskan, mengolah dan menyajikan data, informasi bahan keterangan yang berhubungan dengan situasi kamtibmas.
  9. Menyusun, merumuskan dan menyampaikan produk – produk Intelijen baik yang bersifat periodik maupun insidentil.
  10. Kaur Bin Ops Sat Intelkam dalam pelaksanaan tugas kewajibannya bertanggung jawab langsung kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KEPALA URUSAN ADMINISTRASI DAN TATA USAHA ( KAUR MINTU )

Urusan Administrasi dan Tata Usaha Sat Intelkam Polres Banjarbaru dipimpin oleh Kepala Urusan Administrasi dan Tata Usaha disingkat Kaur Mintu  yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas kewajibannya kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru, Kaur Mintu bertugas :

  1. Merumuskan, mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru mengenai hal- hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  2. Mengkoordinir serta mengawasi semua pekerjaan / kegiatan staf maupun administrasi dilingkungan Satuan Intelkam Polres Banjarbaru.
  3. Menyelenggarakan kegiatan adminitrasi dan ketatausahaan serta melaksanakan pengawasan di bidang pengarsipan produk – produk  Intelijen.
  4. Melakukan pengawasan dan bimbingan pelayanan kepada masyarakat yang mengajukan permohonan SKCK, Surat Ijin, Pemberitahuan kegiatan masyarakat (STTP), Rekomendasi Senpi / Handak, Surat Tanda Melapor Orang Asing serta melakukan pengawasan dan pengamanan atas pelaksanaannya.
  5. Mengkompulir data dan melaksanakan anev hasil pelaksanaan tugas di lingkungan Sat Intelkam Polres Banjarbaru sesuai dengan petunjuk min intel.
  6. Melaksanakan perencanaan pelatihan fungsi dan mengusulkan personil yang akan melaksanakan pendidikan serta pelatihan fungsi intelijen.
  7. Menyusun dan merumuskan, mengolah dan menyajikan data, informasi bahan keterangan yang berhubungan dengan administrasi dan dokumentasi intelijen.
  8. Kaur Mintu Sat Intelkam Polres Banjarbaru dalam pelaksanaan tugas kewajibannya bertanggung jawab langsung kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KANIT I (POLITIK)

Unit I adalah Unit Operasional yang bertugas melaksanakan kegiatan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi ( Filling and recording) dalam  bidang Sosial Politik yang meliputi :

  1. Kegiatan Parpol, Legislatif dan Eksekutif.
  2. Permasalahan yang timbul sebagai dampak pembangunan dan kebijaksanaan politik yang dilakukan pemerintah.
  3. Kegiatan kelompok ekstrim kanan maupun ekstrim kiri.
  4. Kegiatan masyarakat, pemuda / mahasiswa, yang bertendensi politik dalam melakukan diskusi penyebaran selebaran, pamphlet dan demontrasi.
  5. Melakukan deteksi terhadap gejolak yang akan timbul terkait dengan bidang Politik.
  6. Melakukan pembentukan dan pembinaan jaringan intelijen.
  7. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang Politik dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  8. Unit I dipimpin oleh Kepala Kanit I yang disingkat Ka Unit I yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KANIT II ( EKONOMI )

Unit II adalah Unit Operasional yang bertugas melaksanakan kegiatan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi (Filling and recording) dalam  bidang social ekonomi :

  1. Masalah Moneter meliputi keuangan, perbankkan, investasi, dan perpajakan.
  2. Masalah Industri perdangan dan Koperasi.
  3. Sumberdaya alam meliputi pertanian, kehutanan, pertambangan dan energi.
  4. Masalah pangan dan meliputi pengadaan, penyimpanan dan distribusi terutama menyangkut 9 bahan pokok.
  5. Pariwisata, Perhubungan, telekomonikasi dan transfortasi.
  6. Pengawasan proyek pemerintah dan dana bantuan dari pemerintah
  7. Melakukan deteksi terhadap gejolak yang akan timbul terkait dengan bidang Social ekonomi.
  8. Melakukan pembentukan dan pembinaan jaringan Intelijen.
  9. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang sosial ekonomi dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  10. Unit II dipimpin oleh Kepala Unit II yang di singkat Ka Unit II yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Intelkam Polresta Banjarbaru.

KANIT III ( SOSBUD )

Unit III adalah Unit Operasional yang bertugas melaksanakan penyelidikan, pengamanan dan penggalangan, juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi (filling and recording ) dalam bidan sosial budaya, meliputi :

  1. Melakukan deteksi Perorangan, Ormas, LSM, OKP, Kemahasiswaan dan organisasi potensial lainnya serta melakukan pemuthahiran data formal maupun infromal.
  2. Permasalahan yang timbul sebagai dampak kebijaksanaan pemerintah bidang pendidikan dan kelembagaan, kependudukan serta kesejahteraan.
  3. Deteksi dini dan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa, serta kegiatan yang menyangkut diskusi, seminar, konser serta hiburan dan kegiatan masyarakat lainnya.
  4. Melakukan penggalangan terhadap para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat.
  5. Melakukan deteksi dini dalam bidang keagamanan dan aliran sesat serta komunitas agama yang meresahkan masyarakat.
  6. Melakukan pendataan terhadap berbagai media yang ada, baik media cetak maupun elektronik serta para insan pers masing- masing media.
  7. Melaksanakan pembentukan dan pembinaan jaringan intelijen.
  8. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang sosial budaya dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  9. Unit III di Pimpin oleh Kepala Unit III yang di singkat Ka Unit III, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KANIT IV ( KEAMANAN )

Unit IV adalah unit operasional yang bertugas melaksanakan kegiatan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi (filling and recording) dalam bidang keamanan meliputi :

  1. Penyelidikan terhadap Kejahatan konvensional, kejahatan transnasional, kejahatan terhadap kekayaan Negara dan kejahatan berimplikasi kontijensi
  2. Melakukan penyelidikan dengan pola MTO (Mission Types Operation) pada kasus menonjol terutama pada kasus KBAT (Kriminalitas Berkadar Ancaman Tinggi)
  3. Melakukan pembentukan dan pembinaan jaringan informasi.
  4. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang keamanan dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  5. Unit IV di Pimpin oleh Kepala Unit IV yang di singkat Ka Unit IV, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KANIT V ( POA )

Unit V adalah unit operasional yang bertugas melaksanakan kegiatan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi (filling and recording) dalam bidang Orang Asing yang meliputi :

  1. Pemeriksaan dan pengawasan terhadap dokumen orang asing baik pasport,Visa, Kitas, Kitap, dan dokumentasi lainya yang berkaitan dengan Orang Asing.
  2. Pendataan orang asing baik yang bekerja (TKA) maupun berkunjung dan wisata.
  3. Kejahatan yang berhubungan dengan orang asing baik sebagai pelaku maupun sebagai korban.
  4. Melakukan pengawasan terhadap tempat yang di gunakan Orang asing menginap.
  5. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang keamanan dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  6. Unit V di Pimpin oleh Kepala Unit V yang di singkat Ka Unit V, yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

KANIT VI ( WASSENDAK )

Unit VI adalah unit operasional yang bertugas melaksanakan kegiatan penyelidikan pengamanan dan penggalangan juga bertugas dalam melakukan pendataan dan dokumentasi (filling and recording) dalam bidang Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak, yang meliputi:

  1. Segala bentuk kriminalitas dan penyalahgunaan senjata api Non Organik TNI / Polri dan bahan peledak.
  2. Pendataan dan pengawasan serta pengamanan senjata api non organik TNI / Polri.
  3. Pendataan dan pengawasan serta pengamanan bahan peledak komersial.
  4. Pendataan dan pengawasan serta pengamanan kembang api dan petasan
  5. Menyusun Perkiraan Intelijen Keamanan dibidang Lahgun Senpi Handak dan menyajikan hasil analisis setiap perkembangan yang perlu mendapat perhatian pimpinan.
  6. Unit VI di Pimpin oleh Kepala Unit VI yang di singkat Ka Unit VI yang bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan kewajiban kepada Kasat Intelkam Polres Banjarbaru.

 

 

 

 

 

 

 



Official Link

  • Tribrata News
  • Mabes Polri
  • Promoter.
  • Polda Kalsel