TRIBRATANEWS POLRES BANJARBARU

Sungai Handil Kiayi  Bangkal Meluap, Kapolsek Banjarbaru Timur Bantu Evakuasi Warga

Polres Banjarbaru – Akibat hujan deras dengan intensitas tinggi  yang mengguyur Kecamatan Cempaka dan sekitarnya mulai dari  pukul 24.00 Wita hingga 06.00 Wita, membuat sungai yang ada di wilayah Kecamatan Cempaka meluap dan mengakibatkan banjir.

Kapolsek Banjarbaru Timur jajaran Polres Banjarbaru Polda Kalsel, IPTU Khamdari, S.E., bersama para Kanit dan anggota monitoring serta evakuasi warga yang terdampak banjir, di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru, Senin (11/01/2021) sekitar pukul 06.00 Wita.

Pemukiman penduduk yang terdampak banjir dari luapan air sungai adalah Kelurahan Cempaka Rt.05, 06, 15, 22, 23, 23, 25. Kelurahan Sungai Tiung Rt.11, 32, 33 dan Kelurahan Bangkal Rt.06, 07, 08, 09, 11, 12.

Kapolsek Banjarbaru Timur IPTU Khamdari, S.E., mengatakan bahwa banjir melanda Tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Cempaka, Kelurahan Sungai Tiung dan Kelurahan Bangkal. Penyebabnya akibat debit air di Sungai Kuranji, Sungai Pumpung dan Sungai Handil Kiayi meluap saat hujan deras dengan instensitas tinggi turun, hingga masuk ke pemukiman warga. Ketinggian air berpariasi mencapai dada orang dewasa hingga di bawah lutut orang dewasa.

“Tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Namun banjir merendam sejumlah pemukiman warga di sejumlah Kelurahan Cempaka, Kelurahan Sungai Tiung dan Kelurahan Bangkal. Sebagian warga yang terdampak banjir dipindahkan dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi”. Ucap Kapolsek.

Evakuasi warga banjir dilakukan oleh Polsek Banjarbaru Timur bersama SAR Polres Banjarbaru, TNI, Basarnas, BPBD Kota Banjarbaru dan Tagana.

Dapur umum dari swadaya masyarakat dibangun di Rt.05 Kelurahan Cempaka dan Rt.11 Kelurahan Bangkal, serta bantuan makanan dari Dinas Sosial Kota Banjarbaru kepada warga korban banjir.

“Saat ini air mulai berangsur angsur surut, Polsek Banjarbaru Timur standbay di lokasi banjir, serta melakukan pengaturan arus lalu lintas”. Pungkas Kapolsek. (BBT)

Optimis, Ikhlas, Benar & Berkualitas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: